Skip to main content

Desain Kaos MayDay


Sejarah Hari Buruh

Hari buruh sedunia atau yang lebih dikenal sebagai “May Day”,adalah moment tahunan yang biasa diperingati oleh kaum buruh setiap tanggal 1 mei setiap tahun. May day merupakan hari yang diperingati oleh seluruh Negara di dunia sebagai hari buruh internasional. Keputusan ini merupakan salah satu hasil dari kongres Internasional yang diselenggarakan di Paris yang bertujuan untuk memperingati kejadian yang menimpa kaum buruh di Chicago pada tahun 1886 yang mana saat itu serikat buruh mengadakan demonstrasi untuk menuntut keadilan pada jumlah jam kerja mereka.

Esensi Peringatan Hari Buruh di Indonesia

Di Indonesia sendiri, peringatan hari buruh sedunia (May Day) baru mulai dilaksanakan sejak disahkannya UU No. 1 Tahun 1951 tentang Pernyataan Berlakunya UU Kerja Tahun 1948, yang mana dalam pasal 15 ayat 2 menyebutkan, “Pada tanggal 1 Mei, buruh dibebaskan dari kewajiban bekerja”. Namun, karena alasan politik, rezim Orde Baru kemudian melakukan larangan terhadap peringatan Hari Buruh Internasional. Sejak saat itupula, peringatan May Day tidak pernah diakui oleh pemerintah Indonesia. Barulah pasca runtuhnya Orde Baru, melalui perjuangan massa rakyat yang tersebar diseluruh daerah, may day kembali marak diperingati

May Day adalah hari dimana kaum buruh turun ke jalan dan menggelar aksi damai, kemudian menyuarakan segala hal yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas hidup buruh ditengah-tengah ekonomi yang semakin sulit serta memberikan masukan-masukan kepada pemerintah tentang aspirasi mereka.

Peran Kaos Mayday Sebagai Atribut Aksi

Jika berbicara tentang May Day, tentunya tidak terlepas dari berbagai atribut aksi yang biasa dipakai oleh kaum buruh. Salah satunya adalah kaos mayday. Hampir setiap serikat pekerja yang berperan serta di hari buruh sedunia, mengenakan kaos yang menyuarakan aspirasi kaum buruh pada saat itu,dari mulai tema pemberantasan outsourching,sampai tema tuntutan kesejahteraan kaum buruh itu sendiri.

Dalam pembuatan desain kaos mayday itu pun tentunya tidak sembarangan. Kaos mayday yang dipakai,haruslah mencerminkan militansi kaum buruh. Begitu pula dengan gambar atau tulisan yang disablon,harus bisa menyampaikan aspirasi dari kaum buruh.

Dan bagi kawan-kawan yang saat ini sedang membuat kaos mayday,semoga beberapa desain kaos dibawah ini bisa meng inspirasi.

Desain Kaos Mayday
desain kaos mayday hitam





desain kaos mayday raglan




desain kaos mayday perempuan




desain kaos mayday perempuan 2



Jika desain diatas belum cukup,silahkan hubungi kami,jasa konveksi dan sablon kaos cikarang kami akan membantu kawan-kawan buruh mewujudkan desain kaos mayday seperti yang kawan-kawan inginkan.



Selamat hari buruh. HIDUP BURUH!!!

Baca Juga : Sablon Kaos Mayday Cikarang




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar