Skip to main content

Kupas Tuntas Jenis Sablon Kaos Terbaik

Jenis-Jenis Tinta Sablon Kaos

jenis sablon kaos

Sebelum membahas lebih dalam tentang jenis sablon kaos,simak dulu penjelasan tentang apa itu sablon,agar uraian tentang jenis-jenis sablon kaos ini lebih mudah dipahami.
jika saat ini anda sedang mencari informasi tentang:
  • jenis sablon kaos terbaik
  • jenis sablon kaos paling bagus,atau
  • jenis sablon kaos yang awet
maka artikel ini akan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan anda

Tren kaos oblong memang tak pernah mati,sejak kemunculannya pertama kali menuai kontroversi,hingga kini menjadi busana kasual yang paling diminati.

Karena peminatnya yang tak pernah surut dari waktu ke waktu,tak heran bila segala hal tentang kaos oblong ini menjadi ladang bisnis yang sangat menjanjikan,dari mulai desainer kaos,konveksi kaos,pengusaha clothing/distro,hingga yang menggeluti jasa sablon kaos.

seiring kepopulerannya,innovasi-innovasi seputar kaos-oblong/tshirt pun semakin berkembang pesat,termasuk innovasi dalam dunia sablon kaos.

dari waktu ke waktu banyak bermunculan jenis sablon kaos yang baru

berbagai persepsi dan pertanyaan pun bermunculan,tentang "yang mana sih jenis sablon yang paling bagus,paling awet,atau paling tepat untuk dipilih??".

apalagi jika anda adalah peggiat atau pengusaha bisnis di bidang kaos,banyaknya jenis sablon kaos tentu akan sangat membingungkan,terlebih jika anda adalah pemula di bisnis ini.

So,daripada anda bingung,atau malah terprovokasi opini publik tentang "jenis sablon ini lebih baik",atau "jenis sablon itu lebih jelek",mending simak dulu artikel ini sampai akhir,supaya tidak salah persepsi,dan tidak salah pilih jenis sablon kaos terbaik.

bagi anda yang cuma sekedar pengguna kaos pun tidak ada salahnya untuk tau jenis-jenis sablon kaos,itung-itung nambah pengetahuan,biar ga "gaptek" dan salah koment waktu masuk distro favorit kalian.

jadi,apa saja yang akan kita bahas dalam artikel ini?

  • jenis sablon kaos berdasarkan metode pengerjaannya
  • jenis sablon kaos berdasarkan Medium/basisnya
  • jenis sablon kaos spesial efek

baca juga : jasa konveksi berpengalaman di cikarang

Bagian 1:Jenis Sablon Kaos Berdasarkan Medium/Basisnya

perbedaan sablon rubber dan plastisol


di bagian ini akan diuraikan tentang:
apa itu waterbase dan solvent base?
apa saja perbedaan sablon waterbase dan solvent base?
seperti apa karakteristiknya?
dan jenis sablon apa saja yang tegolong pada waterbase dan solventbase.


A. Sablon Kaos Basis Air/Waterbase

Sablon Waterbase adalah jenis cat/tinta sablon yang berbahan dasar air,sehingga pada proses sablonnya lebih cepat kering.

hal ini tentu saja memberikan plus-minus,terutama bagi tukang sablon/pengusaha sablon kaos.

"plus"-nya adalah;proses pengeringan gampang,sehingga proses pengerjaannya pun relatif lebih cepat dibandingkan tinta sablon solvent base.

"minus"-nya adalah;karena sifatnya yang cepat kering,tinta ini lebih gampang mampet di screen ketika disablon,sehingga butuh skill khusus bagi tukang sablon yang menggunakan tinta sablon waterbase ini.

selain itu,limbah dari tinta sablon waterbase ini biasanya lebih banyak dari solventbase.

pada prinsipnya,dalam proses sablon kaos menggunakan tinta sablon waterbase ini dibutuhkan screen dengan pori-pori yang lebih besar,karena partikel dari tinta sablon waterbase ini lebih besar/kasar daripada tinta sablon solventbase.

untuk karakteristiknya sendiri,tinta waterbased ini terasa lebih ringan di bahan kaos dibandingkan dengan solvent based,dan tidak meleleh ketika di setrika.

Adapun jenis-jenis sablon waterbased diantaranya:

1. Tinta Sablon Rubber/Karet/GL

sablon rubber

karakteristik :
  • timbul(terasa di permukaan,tidak meresap seluruhnya pada serat bahan)
  • daya tutup(opacity) yang baik,sehingga bisa diaplikasikan pada kaos berwarna gelap
  • memiliki elastisitas yang baik(seperti karet bila ditarik)
Di pasaran,tinta ini tersedia dalam bentuk medium (belum dicampur warna) ataupun telah dicampur warna.

adapun yg medium biasanya ada 3 macam :
  • rubber clear/transparant,sebagai medium untuk dicampur pewarna(pigment),dan hanya bisa digunakan pada kaos berwarna putih dan warna2 paling muda,juga biasa digunakan untuk menyablon separasi (CMYK)
  • rubber matt/TW(tanpa warna),sebagai medium untuk dicampur pewarna (pigment),namun opacity/daya tutupnya lebih baik dari rubber transparant,sehingga bisa diaplikasikan pada kaos berwarna gelap,biasanya diberi underbase(dasar) terlebih dahulu dengan rubber white.
  • rubber white,adalah tinta rubber berwarna putih,biasa digunakan untuk underbase/dasar ketika menyablon di bahan gelap,serta sebagai medium untuk menghasilkan warna-warna muda/pastel


2. Sablon extender/Binder

sablon binder

karakteristik:
  • tinta meresap seluruhnya ke serat bahan,sehingga nyaris tak terasa apabila diraba/dipegang
  • hanya bisa dipakai di kaos warna putih/warna terang dengan catatan: warna sablon harus lebih tua dari warna kaos
Di pasaran,tinta ini tersedia dalam bentuk medium (belum dicampur warna) ataupun telah dicampur warna.


3. sablon SW/Superwhite

sablon superwhite

banyak yang berpikir bahwa hasil tinta superwhite akan sangat putih,sesuai dengan namanya superwhite (putih yang super).

Kenyataannya tidak seperti itu,karena tinta sablon meresap seluruhnya kedalam serat kain,karakter super white cenderung kurang putih.

dapat dikatakan bahwa tinta superwhite ini mengadopsi karakteristik tinta sablon extender yang meresap ke serat kain(tidak menyisakan tumpukan tinta di permukaan kaos),untuk mendapatkan handfeelnya sangat halus/nyaris tidak terasa bila dipegang,namun bisa diaplikasikan pada bahan berwarna gelap seperti halnya sablon rubber.

Karena karakter hasil tinta sablon superwhite yang tidak terlalu terang,membuat tinta jenis ini sangat cocok untuk desain dengan konsep vintage atau jadul.

Karakter tinta agak buram warnanya dikarenakan pantone warna turun sehingga warna agak redup.

Di pasaran,tinta ini tersedia dalam bentuk medium (belum dicampur warna),dan medium ini biasanya ada 2 macam;
  • Tinta SW khusus warna putih,dan:
  • Tinta SW untuk dicampur pewarna/pigment
dalam penggunaannya,tinta superwhite ini bisa dipakai untuk sablon discharge/cabut warna,dengan cara dicampur bubuk odorless/discharge agent.


beberapa merk tinta waterbase di pasaran diantaranya: matsui,ant ink,furukawa,quaret,dll.dari segi harga,tinta waterbased ini biasanya lebih murah dari solvent based.

karena harganya yang murah,seringkali orang berpendapat bahwa sablon waterbased ini lebih jelek dari solventbase.

benarkah demikian??

simak dulu penjelasan berikutnya tentang tinta sablon solventbase.


B. Sablon Kaos Basis Minyak/solventbase


sablon kaos solventbase adalah jenis cat/tinta sablon kaos yang berbahan dasar minyak.

pada proses sablon tinta jenis ini memerlukan pengering khusus,karena jenis sablon solventbase ini hanya bisa kering sempurna pada suhu diatas 180 derajat celcius.

sebenarnya di pasaran ada banyak sekali jenis tinta sablon basis minyak ini.Tapi di pembahasan kali ini kita hanya akan membahas  tinta sablon solventbase yang biasa digunakan untuk sablon kaos/kain.

secara umum ada 3 jenis sablon solventbase yang biasa digunakan untuk sablon kaos:


1. Sablon Plastisol

sablon kaos plastisol

Belakangan jenis sablon ini banyak sekali digandrungi dan dibicarakan di berbagai forum sablon kaos.

bisa dikatakan sablon plastisol ini adalah jenis sablon yang paling populer saat ini karena dianggap jenis sablon kaos terbaik dan menjadi standar sablon kaos kualitas distro.

dari komposisinya,sablon plastisol ini berbahan dasar PVC,memiliki partikel yang sangat halus sehingga bisa mencetak gambar yang sangat detail sekalipun.

daya tutup kain (opacity)nya pun terbilang sangat baik,sehingga mampu menghasilkan warna-warna yang cerah pada kaos berwarna gelap sekalipun.

kelemahannya adalah; jenis sablon plastisol ini akan meleleh jika terkena panas dari setrikaan,dan gramasinya cenderung terasa berat di kaos.

sablon plastisol ini juga sangat diminati karena bisa diaplikasikan untuk berbagai jenis sablon special efek seperti high density,sablon crack,suede,caviar,asphalt,glow in dark,reflective,dll.


2. Sablon silicon

sablon kaos silicone

Sablon silicon ini biasa digunakan untuk sablon di bahan jersey dan teknik high density.hasil sablonnya cenderung lebih mengkilat dari sablon plastisol,namun kekenyalan dan elastisitasnya hampir mirip dengan sablon rubber di waterbased.

sablon silicon memiliki sifat anti migrasi yang sangat baik,sehingga banyak digunakan untuk menyablon kain yang berbahan dasar polyester,karena warna dasar kain tidak mudah terangkat pada hasil sablon.

pada penggunaannya,tinta sablon silicon ini dicampur katalis sebagai medium untuk membantu pengeringannya.


3. Sablon Sericol

sablon windbreaker

Jenis sablon sericol ini biasa digunakan untuk menyablon di bahan nylon dan parasut seperti sablon jaket/windbreaker.


baca juga: tempat sablon murah cikarang

Bagian 2: Jenis-jenis sablon spesial efek/special effect

sablon special effect

Pada bagian ini akan dijelaskan berbagai jenis sablon spesial efek pada sablon kaos yang akan membuat kaos kalian terlihat mewah,unik,dan berkelas

Sablon Spesial Efek adalah teknik sablon untuk menghasilkan efek-efek tertentu pada hasil sablon.

pada proses pengerjaannya,jenis sablon spesial efek ini ada yang bisa menggunakan tinta sablon waterbase, solventbase, ataupun keduanya.


1. Sablon high density

sablon high density

high density adalah salah satu teknik sablon dimana hasil dari sablonnya akan timbul layaknya desain atau gambar yang tercetak seperti gambar 3 dimensi diatas kain.

Teknik sablon high density pada dasarnya sama seperti sablon manual biasa.

Hanya saja, dalam teknik sablon high density, screen yang digunakan lebih tebal untuk menghasilkan efek timbul.

Dalam proses penyablonan pun dilakukan berulang-ulang hingga mencapai ketebalan yang diinginkan.

Tinta sablon yang digunakan bisa memakai waterbased (rubber) khusus untuk high density,ataupun plastisol dengan dicampur tinta straight up,bisa juga menggunakan tinta silicone.


2. Sablon crack/efek retak

sablon efek retak

adalah Teknik sablon dengan tinta khusus seperti crack binder atau Shatter base,yang bisa menghasilkan efek special berbentuk pecah-pecah atau retak-retak.

Efek pecah didapatkan sewaktu pemanasan/pengeringan sablonan(masih diatas meja sablon).

Tinta sablon crack ini tersedia dalam jenis waterbased maupun solventbased.


3. Sablon Glow in dark

sablon gid

Sablon kaos Glow in the Dark adalah teknik sablon dengan cara mencampur tinta clear/medium dengan serbuk fosfor yang mampu menyerap cahaya di tempat terang dan memendarkan cahaya kembali di ruangan gelap.

pengaplikasian teknik sablon ini bisa menggunakan waterbased ataupun soventbased


4. Sablon foam/puff/timbul


sablon puff


sablon foam/puff/timbul yaitu teknik sablon untuk mengasilkan efek timbul menggelembung seperti busa dengan pinggiran yang membulat.

tinta sablon yang dipakai bisa menggunakan waterbased ataupun solventbased yang dicampur dengan aditif puff/foaming.

efek Emboss busa akan timbul ketika proses pemanasan/hot press.


5. Sablon asphalt/aspal

sablon akar


Sablon aspal adalah jenis sablon kaos yang digunakan untuk menghasilkan warna yang menyerupai warna aspal yaitu hitam keabu-abuan, dan memiliki permukaan yang agak kasar.

Jenis sablon ini umumnya menggunakan cat atau tinta Plastisol, yang pada proses penyablonan menggunakan teknik khusus guna menghasilkan hasil yang menyerupai permukaan aspal tersebut.


6. Sablon discharge

sablon cabut warna

Sablon Discharge atau sering disebut juga sablon cabut warna adalah teknik sablon manual yang hasil tintanya mengubah warna bahan kaos dengan warna tintanya.

Hasil dari teknik sablon discharge menyatu dengan serat kain karena hasil dari sablonan masuk dalam serat kain sehingga handfeel nya sangat halus (nyaris tak terasa ketika diraba).

sayangnya sablon discharge tidak bisa diaplikasikan pada semua bahan kaos. Sablon discharge hanya akan maksimal jika diaplikasikan pada bahan kaos katun murni yang reaktif.

tinta sablon yang dipakai bisa menggunakan waterbased (superwhite/binder khusus yang dicampur bubuk odorless/dicharge agent),ataupun solventebased (plastisol yang dicampur tinta plasticharge dan bubuk odorless/discharge agent)


7. Sablon Separasi

sablon cmyk

Sablon separasi pada prinsipnya sama dengan sablon biasa.yang membedakan adalah tehnik olah filmnya.

teknik sablon separasi biasa digunakan untuk sablon kaos dengan gambar yang memiliki gradiasi warna yang kompleks.

warna-warna tersebut kemudian dipisahkan menjadi 4 warna proses CMYK(Cyan,Magenta,yellow,Black),atau warna-warna sekunder lainnya.

campuran dan persentuhan antarwarna tersebut kemudian menciptakan warna-warna turunan lain yang menyusun sebuah gambar desain.


8. Sablon caviar

sablon telor ikan

Sablon Caviar atau nama lainnya caviar beads berbentuk butiran, dinamakan caviar karena kemiripannya dengan telur ikan salmon. meski demikian caviar beads memilki beraneka ragam warna. Caviar beads yang dijual di toko sablon kebanyakan dari bahan PVC.

Cara pengerjaan sablon caviar yaitu dengan cara ditabur untuk kemudian dipanaskan dengan suhu tinggi agar meleleh dan memberikan tekstur dan kesan yang unik.


9. Sablon Thermochromic

sablon bunglon

Sablon thermochromic adalah jenis sablon kaos yang berubah warna jika terkena suhu berbeda.

cara pengerjaannya yaitu dengan mencampur tinta sablon transparan/binder khusus dengan serbuk thermochromic


10. Sablon Photopia

sablon bunglon

tinta sablon photopia ini akan berubah warna pada tempat yang berbeda pencahayaannya seperti bunglon, namun warnanya tetap beberapa pilihan saja, dalam lokasi yang tidak terkena cahaya matahari langsung akan berubah warna pada lokasi yang langsung terkana cahaya matahari


11. sablon sueding

sablon sueding

sablon suede/sueding tekniknya hampir sama dengan teknik sablon high density,hanya saja hasil sablonnya mirip kulit sintetis


12. sablon reflective

sablon nyala

sablon reflective/reflektif adalah jenis sablon spesial efek dengan menggunakan tinta yang menyala ketika tersorot cahaya di tempat gelap. mirip seperti pita 3M/reflektif yang biasa ditempel di seragam kontraktor.


13. sablon glitter

sablon gemerlap

sablon glitter adalah teknik sablon dengan menambahkan serbuk glitter pada tinta transparant,sehingga menghasilkan efek gemerlap pada hasil sablon.


14. sablon foil

sablon emas

tekniknya hampir sama peserti sablon biasa,hanya saja pada sablon foil,tintanya diganti dengan adhesive atau lem, setelah kaos disablon dengan adhesive/lem kemudian lembaran foil ditempel pada adhesive lalu di panaskan dengan heat press agar foil dan adhesive menyatu secara kuat.


baca juga : konveksi jaket cikarang

Demikian sedikit uraian mengenai jenis jenis sablon yang bisa diaplikasikan untuk sablon kaos.

Semoga uraian mengenai jenis jenis sablon kaos ini bisa menambah pengetahuan bagi anda yang baru mulai membuka jasa sablon kaos,atau usaha di bidang clothing/distro.

Jika Anda butuh bantuan untuk membuat kaos dengan jenis jenis sablon diatas,Rockafella Konveksi dan Sablon Kaos Cikarang siap membantu mewujudkan kaos sablon anda.


jika tertarik dengan jasa sablon kaos kami,bisa dilihat di tempat sablon murah cikarang

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar